ONLY SENSE
JILID 1 PENUTUP
PENUTUP

Senang bertemu dengan kalian, namaku Aloha Zachou.

Untuk mereka yang telah memilih buku ini, H-san yang bertugas dalam pengeditan, A-san yang bertugas sebagai pengedit kedua, yukisan yang telah bekerja untuk menyediakan ilustrasinya. Dan juga untuk orang-orang yang telah melihat sebelumnya hasil pekerjaan yang kurilis di internet. Terima kasih banyak.

Kali ini, aku dapat melakukan debut sebagai penulis light novel di Fantasia Bunko milik Fujimi Shoubo. Novel ini pertama kali diposting sebagai webnovel utama di website Syosetsuka ni Narou. Awalnya, aku mempostingnya sebagai teaser di internet dan kemudian diundang oleh seorang penerbit, dan kemudian diputuskan untuk digabungkan menjadi sebuah buku. Saat aku menulis kata penutup ini, aku mengingat kembali peristiwa tersebut dengan sepenuh hati.

Mengalihkan karya yang tadinya diposting di internet ke dalam sebuah buku telah membuatku memecah-mecahkannya menjadi beberapa bab, bahkan meskipun tidak direncanakan begitu awalnya. Itu sudah jelas. Akan tetapi, melakukan pekerjaan ini menghambatku lebih daripada yang kuduga.

Novel ini yang awalnya diposting tanpa memikirkan apapun, kemudian dibuat ulang untuk menyesuaikan susunan kerangka buku dan untuk mendapatkan tempo yang lebih baik, begitu pula beberapa bagian pemanis telah ditambahkan, aku meningkatkan jumlah isinya untuk menarik orang-orang. Beberapa bagian yang kelihatannya tidak penting, aku membicarakannya dengan editor yang bertugas dan yang lainnya untuk mendapatkan pendapat mereka. Setelah mengulang proses tersebut, pada akhirnya karya ini menjadi light novel.

Dan begitulah aku dapat membuat sebuah buku yang dapat dimiliki semuanya. Aku telah menyadari bahwa ada banyak usaha yang sangat jarang dilihat ketika menyediakan hiburan untuk orang lain.

Ngomong-ngomong, untuk cerita dan adegan yang dihilangkan, semuanya sudah disimpan rapat-rapat.

Kisah-kisah dan adegan-adegan yang tidak ditempatkan dalam buku dapat dilihat di web. Juga, cerita-cerita yang tidak dipublikasikan di dalam versi buku mungkin memiliki kesempatan untuk muncul di suatu tempat dalam karyaku. Atau konsepnya mungkin digabungkan dengan sesuatu dan menjadi cerita yang sama sekali berbeda untuk menciptakan hubunga reaksi dengan karya yang baru.

Dan aku berniat untuk mencurahkan perhatianku setiap harinya untuk perubahan-perubahan ini. Mulai dari sekarang, mohon bantuannya, Aloha Zachou.

Februari 2014, Aloha Zachou